BELAJAR DASAR - DASAR SEO BAGI PEMULA

Sebenarnya blog ini di buat sekitar setahun lalu namun ane baru aktif blogging di blog ini sekitar satu bulan ini :D , Kemana aja tuh selama setahun ? heheh kebetulan dulu ane sempet frustasi gara - gara ngeblog coz udah sering posting namun blog tetep aja seperti kuburan iiiihhh serem banget. Sempat ane posting dan coba di cek di google dengan keyword yang sama persis bahkan ane copas namun blog ane tak kunjung nongol di pencarian mbah google haddoooh bikin cape :(.
Ane cari tau mondar mandir sana kemari tanya sana tanya situ dan ada titik pencerahan yaitu masalah SEO atau ( Search Engine Optimization ) memang benar pada waktu itu ane tidak tau apalagi mengerti apalaaagi faham apa itu SEO kedengarannya juga asing seperti asing nya orang bule di bali LOL :D .
Berangkat dari sana ane coba putuskan untuk mempelajari SEO dan selama setahun itu ane fokuskan diri untuk mempelajari SEO dari 0 ( nol ). dan baru aktif kembali bulan ini dengan berbekal sedikit ilmu SEO yang ane pelajari. 
Peranan seo memang begitu penting bagi keberlangsungan kehidupan  blog kita dan cukup lumayan rumit juga untuk di pelajari disini ane mau berbagi sedikit pengalaman mengenai dasar - dasar SEO yang cukup penting bagi pemula "ma'af bagi agan - agan  master SEO boleh ko meninggalkan halaman ini ", tapi bagi pemula ane saranin jangan tinggalkan halaman ini  coz ini penting untuk kehidupan blog kita :D.
Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Checker
1. APA ITU SEO ?
SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization ( Bahasa Inggris ) dan dalam bahasa indonesia adalah Pengoptimalan Mesin Pencari yaitu suatu proses menjadikan paling baik, paling tinggi, ranking atau pun posisi blog kita dalam sebuah mesin pencari atau Search engine. karena biasanya orang akan palaing banyak mengklik apa yang mereka cari link atau hasil pencarian yang paling atas atau yang pertama nah SEO adalah proses menjadikan bagaimana blog kita agar menjadi paling pertama saat keyword diketikan di search engine.
CONTOH GAMBAR SEO 


2. DASAR DASAR SEO
Berdasarkan pengalaman dan belajar dari para master SEO berikut dasar dasar SEO  untuk meningkatkan traffic ( lalu lintas pengunjung ):
  1. Gunakan tempelate yang tidak banyak CSS, JavaScript, Gambar dan Flash yang kurang penting  karna ini akan berpengaruh terhadap berat loading blog kita jika blog kita berat pengunjung akan pergi lagi dari blog kita bisanya pengunjung  malas menunggu loading blog yang lama.
  2. Buang wideget - wideget yang kurang penting seperti badges / lencana Facebook atau lainnya  berdasarkan pengalaman ane ini sangat memberatkan loading  blog. Bagaimana cara mengukur berat loading blog ? dan Berapa Berat Normal Loading Blog ? sebenarnya situs yang menyediakan tool untuk mengukur berat loading blog itu sangat banyak namun yang yang menjadi patokan ane adalah iwebtoolspeedtest bila agan mau gunkan yang lain silahkan tanya ke mbah google untuk tool pengukur berat blog yang lain dan untuk berat blog normal adalah harus di bawah 100kb agar bisa  cepat di akses di modem 56K.
  3.  Mendaftarkan blog kita dan sering seringlah berkunjung  ke webmastertool serach engine. Untuk google yaitu webmastertool google dan untuk yahoo dulu site explorer namun sekarang sudah di marger ke webmaster bing. kenapa kita harus sering Berkunjung ke webmastertool? sebab disana merupakan pusat informasi mengenai peng crawl an ( pedeteksian, peng index an ) halaman halaman blog kita apakah dalam proses pengcrawlan yang di lakukan spider search engine mengalami kendala atau tidak dan jika mengalami kendala atau masalah akan di beri tahu kan di webmaster dan itu harus segera kita perbaiki karena kalau di biarkan terus akan berpengaruh terhadap SEO dan lama kelamaan search engine akan menjauh dari blog kita dan malas datang ke blog kita lagi.
  4. Membuat Sitemap, Sitemap berasal dari dua kata yaitu site dan map dalam bahasa idonesia situs dan peta. jadi sitemap adalah suatu peta situs yang memberitahukan kepada search engine mengenai halaman - halaman blog kita yang bisa di crawl ( index,detek ) oleh spider search engine. di dalam sitemap ini terdapat metadata yang berisi apan terakhir di-update, seberapa sering URL biasanya berubah, dan tingkat relatif keutamaannya terhadap URL lainnya. Sitemap tidak boleh usang artinya harus sering di update atau Resubmit dalam istilah SEO nya karna resubmit merupakan pengajuan pendaftaran kepada seearch engine agar segera di crawl. ane biasanya setelah posting langsung resubmit sitemap agar halaman baru kita cepat terindex atau terdetek oleh search engine, google terutama.
  5. Membuat robot.txt, apa fungsi dari robot.txt itu yaitu untuk menentukan bagaimana mesin pencari harus menjelajah situs kita "Use robots.txt to specify how search engines should crawl your site" biasa nya robot txt berbentuk seperti ini :      


    User-agent: *
    Disallow: /search
    Allow: /

    Sitemap:http://saungreyodastrajingga.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=updated                                                           

    Cara mengecek apakah sudah terpasang robot.txt atau belum coba di cek  di link seperti di bawah ini www.alamat-blog-agan.com/robots.txt     ganti tulisan warna merah dengan alamat blog agan.
  6. Posting yang berkualitas, Postinglah dengan hasil karya sendiri dan bukan copas inilah yang diharapkan search engine dengan hasil karya sendiri search engine akan mengindex unique halaman blog kita dan tentu akan meningkatkan traffic blog kita ,kalau kita sering posting copas itu akan berpengaruh terhadap SEO karena akan menimbulkan duplicat content dalam database search engine dan ini bisa bisa search engine mengeleminsai content - content yang sama analogi nya seperti ini jika kita sudah punya baju bergambar upin ipin lagi nungging kenapa kita harus beli lagi baju dengan gambar upin ipin  lagi nungging yang sama persis itu hanya akan memenuhi lemari kita sajakan. jika pun terpaksa harus copas jangan lupa sertakan source atau sumbernya biasanya blogger newbe atau pemula enggan / malu untuk memasang atau menyertakan source nya padahal  ini penting jika blog yang kita copas kontennya ternyata banyak anggotanya ketika mereka membuka blog kita ternyata mereka tau sumber aslinya  itu akan hanya menjadi cemo'ohan dan mereka engan untuk berkunjung kembali ke blog kita yang lebih berbahaya lagi di khawatirkan yang puny a blog ga rela kemudan ngehack blog kita iiiiihhhhh taaatuuuttttt.....
  7. Membuat meta tag, membuat meta tag harus sesuai dengan ketentuan jika meta konten deskripsi dan keyword terlalu panjang itu justru akan memperburuk SEO biasanya newbe berdasarkan pengalaman memberikan deskripsi dan keywoard sesuka hati dan sangat panajang padahal itu kurang baik untuk SEO.
  8. Berburu Backlink (link masuk,inbound link,inlinks atau link kedalam) sampai saat ini backlink masih di percaya sebagai salah satu pendongkrak traffic sebuah blog. Backlink adalah sebuah link ( penghubung ) dari blog teman kita ke blog kita sederhananya link blog kita ada di blog teman kita.Banyak cara yang bisa di tempuh untuk mendapatkankan Backlink, salah satunya dengan bertukar link, blogwalker atau berkunjung ke blog teman kita yang Dofollow dan berkomentar secara sopan serta berhubungan dengan postingan kemudian kita sisipkan link kita di komentarnya, dengan menshare ke situs bookmarking atau jejaring sosial. 
Itulah dasar - dasar SEO yang ane terapkan di blog ini berdasarkan pengalaman pribadi dan juga belajar dari para master SEO. dengan menerapkan dasar-dasar SEO ini. sekarang blog ini traffic nya mulai meningkat walaupun baru satu bulan traffic ( lalu lintas pengunjung ) sudah berkisar antara rata - rata 150 - 500 visitor perhari. ane sempet memperhatikan juga setelah ane posting dalam waktu 10 menit sudah kedatangan tamu dengan keyword yang sesuai dengan postingan baru.:D
Dan alexa rank nya pun mengalami peningkatan yang signifikan dalam satu bulan ini mengalami tiga kali peningkatan pertama rank alexa blog ini adalah 22.946.425 kemudian naik menjadi 11.573.135 dan sekarang 8.447.993 lumayan lah sedikit berkembang dari yang dulu tidak pernah terindex oleh google dan membuat ane frustasi sekarang ada peningkatan hehehhe :D
iniah grafik traffic blog ini berdasarkan laporan webmastertool google setelah menerapkan dasar - dasar SEO di atas:
Traffic berdasarkan laporan Webmastertool Google
                                                       

6 komentar:

  1. Moga ketekunan kita bisa membuahkan hasil, terutama yang berkaitan dengan SEO. Thanks for share..

    BalasHapus
  2. ternyata butuh semedi setahun lamanya untuk menjadi Master SEO.....
    salut atas ketekunan Agan.....
    terima kasih

    BalasHapus
  3. sangat luar biasa bossssssss
    mantap
    www.galeriobatkuat.com

    BalasHapus
  4. ok om, makasih yaa

    BalasHapus
  5. terima kasih atas ilmunya :)

    BalasHapus
  6. Kabita pisan, hoyong tiasa di ajarkeun atuh?

    BalasHapus

ORANG BIJAK SELALU MENINGGALKAN JEJAK !